Home / Berita Terkini / Bapenda Lebak Gelar Si Moyan Pajak Daerah Terpadu

Bapenda Lebak Gelar Si Moyan Pajak Daerah Terpadu

RANGKASBITUNG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lebak, menggelar program sistem mobil pelayanan (Si Moyan) pajak daerah terpadu jenis pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) di Kecamatan Gunungkencana, Kamis (3/5). Program Simoyan digelar selama dua hari (3-4/5) bertempat di Kantor Desa Gunungkencana.

Kepala Bapenda Kabupaten Lebak Hari Setiono menyatakan, bahwa program Simoyan merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak dalam melakukan penggalian potensi dan pemutakhiran data subjek dan objek pajak daerah, khususnya PBB-P2.

“Ya, capaian PAD melalui pajak daerah tahun 2017 sebesar Rp 74 milliar adalah langkah awal Bapenda Kabupaten Lebak dalam berupaya menggali dan meningkatkan PAD Kabupaten Lebak. Kami tidak akan berhenti diangka tersebut. Langkah kami masih jauh dan butuh semangat lebih giat lagi dalam membangun Kabupaten Lebak,” kata mantan kepala DPMPTSP Lebak ini, kemarin.

Dia mengatakan, Bapenda Kabupaten Lebak sukses merealisasikan penerimaan pajak daerah pada tri wulan I (Januari – Maret 2018). Adapun realisasi penerimaan pajak daerah mencapai 26,22 persen atau sebesar Rp 16.890.213.380 dari target Rp 64.408.200.000.

“Saya optimistis, target penerimaan pajak daerah akan terlampaui pada akhir tahun 2018 yang akan datang,” ujarnya.

 Dijelaskannya, ada 11 jenis pajak daerah yang menjadi sumber pendapatan daerah, yakni pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan (PPJ), dan pajak mineral bukan logam dan batuan. Selanjutnya, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan, dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).Plt Kepala UPT Bapenda Kabupaten Lebak Wilayah 1 Nevi Pahlevi menambahkan, program Pelayanan tersebut dilaksanakan oleh Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Wilayah 1 Bapenda Kabupaten Lebak. UPT Wilayah 1 Bapenda Kabupaten Lebak beroperasi di Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Warunggunung, Kalanganyar, Cimarga, Cikulur, Cileles dan Gunungkencana.

“Saat ini, Program Simoyan ini kami laksanakan di Kecamatan Gunungkencana untuk melayani seluruh Desa di Kecamatan Gunungkencana. Ternyatam antusiasme masyarakat Gunungkencana yang perduli terhadap kewajibannya terhadap Daerah, khususnya dalam Pajak Daerah cukup tinggi. Kami pun berterimakasih kepada aparatur Kecamatan Gunungkencana, khususnya aparatur Desa Gunungkencana yang telah membantu kami dalam menjalankan program ini. Semoga program selanjutnya di kecamatan-kecamatan lain bisa seantusiasme ini,” ujarnya.

Kepala Desa Gunungkencana, Sungkawati mendukung program Simoyan yang digulirkan Bapenda Lebak.

“Saya sangat mendukung Program ini. Kini aparatur pemerintah desa se-Kecamatan Gunungkencana lebih dimudahkan dalam melaksanakan kewajibannya dalam Pajak Daerah. Saya pun berharap agar kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan komprehensif mengingat kebutuhan informasi dan pelayanan masyarakat di Gunungkencana terhadap wawasan akan pajak daerah,” katanya. (Alvin).

Sumber : http://orbitbanten.co.id

About bapendalebak

Check Also

PERMUDAH LAYANAN PAJAK, PEMKAB LUNCURKAN “LEBAK SMART TAX”

Lebak – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meluncurkan aplikasi layanan “Lebak Smart Tax” di kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.